SELAMAT DATANG DIMEDIA PEMBELAJARAN SMK GRAFIKA KARYA NASIONAL MALANG

Minggu, 10 Agustus 2008

Tips dalam Memilih Web Hosting

Pemilihan web hosting merupakan hal yang sangat penting karena jika layanan yang diberikan tidak sesuai atau buruk, maka akan merusak citra usaha Anda di hadapan klien. Selain itu, Anda harus mewaspadai ketika salah dalam memilih web hosting, data-data yang disimpan akan sulit dipindahkan ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.
Anda diharapkan dapat mengetahui lebih detail tentang web hosting tempat anda memasukkan data-data online anda. Faktor biaya yang dikeluarkan juga pasti menjadi pertimbangan utama. Namun bukan hanya biaya saja, ada beberapa faktor lain yang hendaknya perlu anda pertimbangkan. Berikut beberapa tips yang perlu anda perhatikan ketika memilih layanan web hosting, yaitu sebagai berikut :

1. Kecepatan dan kehandalan dari server yang digunakan serta hardware yang mendukungnya

Kecepatan dan kehandalan server web hosting akan sangat tergantung pada beberapa faktor, antara lain kualitas koneksi ke internet, bandwith, dan ada sistem backup ketika terjadi kesalahan. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk menilai kehandalan server dan hardware dari sebuah web hosting, yaitu sebagai berikut :

a. Koneksi yang digunakan oleh web hosting tersebut. Koneksi T3/D3S atau yang lebih baik dekat ke back bone internet primer. Sebuah koneksi T3/D3S (44,736 Mbps) mempunyai rata - ratakecepatan 30 kali lipat dari koneksi T1. Koneksi T1 banyak dioperasikan oleh web hosting yang berkantor dirumah dan menjual jasa dengan murah. Anda harus berhati - hati dan lakukan percobaan dengan traceroute untuk melihat latency dan hop yang ditempuh.
b. Pengelolaan bandwith yang efektif. Selain mempunyai koneksi yang cepat, sebuah web hosting harus dapat mengelola bandwith dengan optimal. Dan sebaiknya bandwith yang terpakai tidak melebihi 50% yang disediakan.
c. Terdapat sistem back - up. JIka terjadi kesalahan pada sistem, jaringan atau power maka semestinya web hosting yang baik mempunyai system back - up yang dapat mengatisipasi semua hal tersebut. Sehingga anda tidak akan kesulitan ketika akan mengakses data atau situs dalam jangka waktu yang lama.

2. Jenis layanan yang disediakan, apakah sesuai dengan kebutuhan anda

Setelah memeriksa kehandalan server, kapasitas maupun hardware yang digunakan, anda juga harus menilai fasilitas yang ditawarkan. YAng perlu anda perhatikan antara lain sebagai berikut :
a. Sesuaikan layanan web hosting dengan kebutuhan bisnis anda. Anda tidak perlu mengambil paket yang mahal jika tidak efisien penggunaannya. Penawaran dengan harga yang murahpun perlu anda teliti, apakah disertai pelayanan yang maksimal atau tidak.
b. Kompatibel dengan sofware yang digunakan. Hendaknya anda memilih software yang user friendly dan sesuai dengan keterampilan yang ada.
c. Email, pastikan bahwa anda diberi fasilitas untuk membuat email. fasilitas POP3 (atau email dapat diambil dari Outlook atau aplikasi email yang lain), adanya respon otomastis, forrwarding.
d. Panel Kontrol, tempat untuk mengontrol situs web, seperti menambah file, menghapus, dan mengganti pasword. Fasilitas ini hendaknya tersedia dan jangan melalui petugas teknisi dari web hosting tersbut.
e. Subdomain, jika anda menginginkan adanya subdomain maka hendaknya penyedia web hosting juga menyediakan fasilitas tersebut.
f. Fleksibilitas dan kapasitas yang besar. Jika suatu saat anda membutuhkan database dengan ukuran yang lebih besar dari sekarang maka pastikan bahwa anda tidak akan kesulitan dalam meng-upgrade database yang ada.
g. Instalasi fitur tambahan, ada beberapa layanan web hosting yang tidak mengizinkan peng-install -an menggunakan skrip PHP atau CGI. Jika anda hendak mengupload situs denganskrip PHP, atau CGI, berapa lama hal tersebut dapat dilakukan. Hendaknya peng-instalall-an tidak mem butuhkan waktu yang lama.

3. Kualitas dari layanan pendukung

Anda juga perlu mengetahui bagaimana kebijakan webhosting tersebut terhadap kepuasan pelanggan/kliennya. Kebanyakan web housting menyediakan layanan pendukung 24 jam sehari dan 7 hari dalam sepekan, akan tetapi anda perlu mengetahui selam ini dari klien mereka. Untuk melihat hal tersebut caranya adalah sebagi beriku :
a. Anda dapat melihat daftar klien mereka, biasanya dicantumkan pada situs mereka. Dengan mendapatkan gambaran bahwa klien mereka termasuk perusahaan yang kokoh maka kualitas web hosting tersebut memang baik.
b. Opini dari klien yang ada. Anda dapat bertanya pada klien yang menggunakan fasilitas web hosting tersebut, apakah memang bagus atau tidak.
c. Kestabilan, jika perusahaan web hosting tersebut sudah lama, biasanya sudah cukup stabil dan handal karena mempunyai pengalaman yang lebih.
d. Dukungan teknis dan cepat tanggap, Anda juga bisa mendapatkan informasi, apakah para teknisi mereka cepat tanggap ketika terjadi masalah atau tidak. Kecepatan yang diharapkan tidak hanya dalam hal menerima keluhan saja namun dapat memberikan solusi terhadap masalah yang anda hadapi. Pastikan bahwa pengaduan anda via telepon, email atau chat segera mendapat tanggapan, dimana tersebut akan menjadi ukuran tingkat profesionalitas dari web hosting tersebut


Tidak ada komentar: