SELAMAT DATANG DIMEDIA PEMBELAJARAN SMK GRAFIKA KARYA NASIONAL MALANG

Minggu, 17 Agustus 2008

APA ITU EMAIL


E‑MAIL (Electronic ‑Mail)


a. Arti E-mail


E‑mail merupakan suatu proses dan cara pengiriman teks atau gambar melalui internet. E‑mail atau Electronic mail adalah fasilitas komunikasi yang sangat sering digunakan dalam internet. Bentuk komunikasi pada e‑mail ini seperti halnya kalau kita membuat surat, sehingga e‑mail juga dapat diterjemahkan menjadi Surat Elektrornik. Dibandingkan dengan surat biasa maka e‑mail mempunyai beberapa keunggulan yaitu :


1. E‑mail menjamin komunikasi yang lebih aman


2. E‑mail tidak membedakan jarak dan waktu


b. Cara kerja E-mail


Pada dasarnya e‑mail sama dengan surat biasa yang harus melalui beberapa kantor pos sebelum sampai ke tujuan. Begitu dikirim melalui komputer yang tersambung ke internet sebuah e‑mail masuk kebeberapa komputer lain di sepanjang jaringan internet yang disebut dengan Mail Server. Ketika e‑mail tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan seperti yang ditunjuk pada alamat kepada siapa kita menulis e‑mail maka e‑mail tersebut disimpan pada sebuah E‑mail box. Pemilik alamat e‑mail baru bisa mendapatkan e‑mail itu kalau yang bersangkutan mengecek e‑mail box‑nya.


c. Layanan E‑mail


Layanan e‑mail terbagi dalam dua macam sistem :


POP (Post Office Protocol) e‑mail

- Web Based E‑mail (layanan e‑mail yang pengaksesannya melalui website)


1. Layanan e‑mail sistem POP (Post Office Protocol)


Sistem layanan ini niemp unyai keunggulan dalam mengirim. dan menerima (transfer) sebuah surat, seperti namanya (Post. Office Protocol). Sistem ini mengandalkan ISP (Internet Service Provider) sebagai kantor Pos yang menampung semua surat yang akan dikirim. pelanggannya, sebelum diterus­kan kepada alamat yang dituju. Dengan metode ini maka pelanggan akan diuntungkan karena, surat akan cepat ditransfer secara, lokal ke ISP sehingga banyak mengurangi waktu online. Namun sistem ini juga mempuyai beberapa kelemahan dan memerlukan program khusus seperti Microsoft Outlook atau Eudora.


2. Sistem layanan ini sangat mengutamakan kemudahan akses ke dalam mailbox ( kotak surat, wujud dari keikutsertaan dalam layanan e‑mail ) secara gratis dengan menggunakan World Wide Web sebagai media untuk masuk ke dalam mailbox tanpa mempedulikan pelanggannya berasal dari ISP tertentu, sehingga menjadi suatu keunggulan pada sistem ini. Selain keunggulan diatas masih ada keunggulan yang lain yaitu tidak membutuhkan program khusus e‑mail, seperti Microsoft Outlook, Eudora, dan lain‑lain. Kelemahan sistem ini adalah kecepatan transfer (kirim dan terima) surat sangat bergantung dari bandwidth (lebar pita, diartikan sebagaf kecepatan transfer data) dari sebuah ISP ke dalam World Wide Web. Hal ini menjadi kelemahan di Indonesia.


d. Alamat E‑mail


Seperti halnya surat‑surat biasa yang dikirim melalui kantor pos e‑mail juga membutuhkan alamat, agar surat tersebut sampai ketempat yang dituju dengan benar. Alamat e‑mail mempunyai bentuk dasar sebagai berikut :


UserlD@domain.com


Keterangan :


1. UserID adalah nama yang dipilih uhtuk alamat e‑mail.

Misalnya : sariayu

mustika_ratu


2. domain‑com adalah alamat internet atau URL, perusahaan ‑ perusahan penyedia layanan E‑mail.


Misalnya : yahoo.com

plasa.Com


3. Antara UserID dan host

dipisahkan dengan symbol @ dibaca at.

Beberapa contoh al at e‑mail secara lengkap, misalnya :

smk_bona@yahoo.com

penerbit_citra@yahoo.com

edi_nurcahyo@ymail.com

yongkis@gmail.com


Alamat tersebut harus selalu ditulis sama persis setiap huruf, titik (.), maupun garis bawah ( _ ). Penulisan yang berbeda satu huruf saja akan menyebabkan e‑mail yang dikirimkan tidak terkirim atau terkirim ke tempat yang salah.


Variasi bentuk komunikasi dengan E-mail


Dalam beberapa hal e‑mail memang meniru snail mail, meskipun jelas e­mail memiliki banyak kelebihan lain. Ini terlihat pada kemungkinan bentuk­ komunikasi yang bisa dilakukan dengan e‑mail.


1. Point to Point


Mengirimkan e‑mail ke sebuah alamat tertentu. Di Indonesia terdapat kesepakatan di antara mereka yang sering berkirim e‑mail bahwa cara ini dinamakan japri, singkat dari, ”jalur pribadi”.


2. Carbon Copy/ CC


Sebuah e‑mail selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya ke alamat lain. Biasanya alamat utama kita tuliskan pada bagian yang diawali dengan To, sedangkan alamat tembusannya kita tuliskan pada bagian CC.


3. Blind Carbon Copy/BCC


Ini adalah variasi dari CC. Orang yang menerima e‑mail yang alamatnya dituliskan pada bagian To oleh si pengirim, bisa melihat kepada siapa atau kepada alamat e‑mail mana saja e‑mail tersebut dikirimkan sebagai tembusan. Ini karena ia bisa langsung melihat bagian CC. Kadang‑kadang ada kebutuhan untuk mengirimkan sebuah e‑mail kepada seseorang tapi kita tidak ingin, orang tersebut tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain. Untluk itulah digunakan BCC. Beberapa email client menyediakan bagian BCC, selain To dan CC.


4. Distribution List


Distribution list adalah sebuah cara berkomunikasi menggunakan e‑mail secara satu arah. Biasanya ini dibuat oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan informasi tertentu (pengumuman, berita harian, update mengenai perkembangan. suatu proyek, buletin, jurnal, dan sebagainya), akan, tetapi tidak mengharapkan adanya respon dari para penerima. Yang harus dilakukan adalah membuat sebuah alamat tententu khusus untuk keperluan ini. Bila pengelola distribution list mengirimkan sebuah e‑mail ke alamat tersebut, maka‑alamat itu akan mem‑forward e‑mail tadi ke semua alarnat e‑mail yang menjadi pelanggan (subscriber) dari distribution list. Untuk menjadi pelanggan, biasanya calon pelanggan diminta untuk mengikuti prosedur tertentu yang ditetapkan oleh si pengelola. Bisa pula si pengelola yang memasukkan alamat e‑mail mereka ke database pelanggan secara manual.


5. Discussion List


Discussion List seringkali juga. disebut mailing list atau. Iebih populer dengan milis. Pengertiannya hampir sama dengan distribution list hanya memungkinkan siapa saja yang tergabung menjadi subscriber untuk mengirimkan respon terhadap sebuah e-mail, Akan tetapi. belum tentu semua orang bisa begitu saja mengikuti sebuah milis. Kadang‑kadang ada milis untuk kalangan terbatas, sementara banyak yang terbuka untuk siapa saja., Untuk dapat bergabung ke dalam sebuah milis pertama­-tama seseorang harus melakukan proses subscribtion (mendaftar) dengan suatu prosedur tertentu. Seringkali proses ini tidak memerlukan intervensi seorang administrator, yang mengelola milis, baik untuk menyetujui atau menolak permohonan, menjadi anggota milis. Milis yang seperti ini adalah sebuah milis yang terbuka bagi, siapa saja untuk bergabung.

Tidak ada komentar: